Blogger Template by Blogcrowds

We produce and sell Lurik, Craft of Lurik, Ikat and other crafts
Welcome to blog of lurik-pedan. Here we provide a variety of Pedan's weaving products, already well known throughout the archipelago and worlwide. In addition to producing fabrics with traditional motifs, we also produce ethnic motifs from different areas but we still maintain the Pedan typical. weaving centers in the Pedan Village, about 10 kilometers from the city of Klaten. District of Klaten make Pedan as places to fabrics dan fashion tour.
Bermimpilah besar karena Rajamu besar...Anak Kerajaan tidak takut dengan kata orang, tetapi melekatkan hatinya pada Sang Raja...Bukan engkau yang hebat, tetapi Rajamu yang hebat
Kami melayani pembuatan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM/Traditional Loom) untuk keperluan pengrajin, pelatihan, pameran, instansi dll.
We serve the manufacture of Traditional Loom machinery for craftsmen, training, exhibitions,institutions,etc.

Indosiar.com, Yogyakarta - Generasi tahun 80 an pernah menggemari kain lurik, namun seiring maraknya berbagai jenis kain keberadaan lurik kini kian ditinggalkan. Demi mempopulerkan kembalikan lurik seorang pengrajin di Yogyakarta mencoba membuat inovasi kain lurik berbahan sutra.

Bagi yang mengenal kain lurik, mungkin akan terbayang jenis kain yang kaku dan motif yang monoton. namun kain lurik milik Endro Kuswarjo ini terlihat lembut dan bermotif aneka ragam. Ya.. kain lurik ini memang inovasi yang dikembangkan Endro dengan menggunakan bahan dasar sutra.


Tidak berbeda dengan perbuatan lurik katun, lurik sutra juga dipintal dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dari hasil olahan kepompong ulat sutra benang digulung. Gulungan yang halus tertata rapih ini sebagai umpan mesin tenun yang akan digunakan untuk membuat kain lurik.

Memulai usahanya sejak 10 tahun silam, Endro memang telah memiliki misi mengangkat kembali lurik sebagai kekayaan hasana bangsa. Sebab lurik yang pernah populer kini semakin tergusur. Selain kalah dengan tekstil, minimnya inovasi dikalangan perajutnya membuat lurik semakin tinggalkan.

Kini berkat inovasi seperti yang dilakukan Endro, lurik kembali dilirik sejumlah kalangan, terutama kolektor dan pencipta kain tradisional. Meski terbilang sedikit lebih mahal, lurik sutra makin diburu. Tak hanya kalangan dalam negeri lurik sutra kini juga merambah pasaran Asia hingga Eropa.

0 Comments:

Post a Comment



Post a Comment

Newer Post Older Post Home

MONICATOYS on Facebook
PENGIRIMAN
 
LURIK PEDAN